Captopril bahaya efek samping

 Captopril, bahaya efek samping
Description: http://admax.effectivemeasure.net/emnb_1_857929.gifCaptopril, sebagaimana kita tahu merupakan salah satu obat antihipertensi (Menurunkan tekanan darah tinggi) dan juga efektif untuk menangani gagal jantung. Obat ini jika diminum sesuai dosisnya yaitu 12,5 mg diminum per 8 jam atau mudahnya 3 kali sehari dan jika setelah 2 pekan penurunan tekanan darahnya masih belum tampak maka dapat ditingkatkan ke dosis berikutnya yakni 25 mg per 8 jam. Tapi perlu diingat, jangan berlebihan karena overdosis obat juga dapat membahayakan keselamatan.

Obat kimia di mana-mana tetap saja tidak jauh dari efek samping, maka dari itu perlu dipahami apa saja efek samping itu agar kita selaku konsumen juga harus berhati-hati. Kaptopril dapat menimbulkan proteinuria (adanya protein di dalam urin manusia yang melebihi nilai normalnya yaitu lebih dari 150 mg/24 jam), dapat menimbulkan sindroma nefrotik (penyakit dengan gejala edema (bengkak-bengkak), proteinuria, hipoalbuminemia (kadar albumin serum < 3,5 mg/dlv) dan hiperkolesterolemia (peningkatan kadar kolesterol melebihi batas normal(>240 mg/dl)) kadang-kadang terdapat hematuria (terdapatnya darah merah dalam urine), hipertensi dan penurunan fungsi ginjal). Neutropenia dapat terjadi pada pengobatan 1-3 bulan dan hendaknya segera dihentikan untuk menghindari infeksi. Tanda-tanda adanya infeksi akut tersebut dapat berupa demam dan faringitis (radang tenggorokan) dan oleh karenanya pengobatan kaptopril ini harus dihentikan karena menunjukkan adanya neutropenia.

Hipotensi (tekanan darah rendah) dapat terjadi 1-1,5 jam setelah dosis pertama dan beberapa dosis berikutnya namun biasanya menimbulkan gejala atau hanya rasa pusing yang ringan. Selain itu juga sering terjadi ruam dan pruritis (sensasi kulit yang iritatif dan menimbulkan rangsangan untuk menggaruk), terkadang juga terjadi demam dan eosinofilia (keadaan meningkatnya sel darah putih jenis eosinofil, sel ini punya peranan pada keadaan alergi). Efek tersebut biasanya ringan dan menghilang beberapa hari setelah dosis diturunkan. Selain yang telah disebutkan di atas ada efek samping lain namun secara mendasar, semua obat kimia memang memberikan efek samping dan perlu ditaati aturan pakainya dan jangan membuat aturan sendiri yang justru akan merugikan diri sendiri. Saya rasa cukup sekian terkait efek samping kaptopril ini dan semoga bermanfaat.

 

Link Kesehatan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger