FORMAT
PENGKAJIAN KELUARGA
Nama yang melakukan pengkajian : Dian Situmorang
Enco Lumbangaol
A. Pengajian
1. Data
Umum
a. Nama
kepala keluarga : Tn. D.G
b. Umur : 32 tahun
c. Jenis
kelamin : Laki -
laki
d. Agama : Islam
e. Suku/Ras : Batak karo
f. Pendidikan : Smp
g. Pekerjaan : Petani
h. Alamat :
Lorong sanioga, dusun sumbul karo
i.
Komposisi keluarga :
No
|
Nama
|
Umur
|
Pendidikan
|
Hubungan
|
Keterangan
|
|
P
|
L
|
|||||
1.
|
Ny. R.K
|
40 thn
|
SMK
|
Istri
|
Sehat
|
|
2.
|
An. B.G
|
10 thn
|
SD
|
Anak
|
Sehat
|
|
3
|
An. F.G
|
4 Thn
|
-
|
Anak
|
Sehat
|
|
4
|
An.A.G
|
9 thn
|
-
|
Anak
|
Sehat
|
j.
Genogram:
k. Tipe
Keluarga :
·
TRADISIONSAL
Inti
l.
Status social ekonomi keluarga
·
Sumber pendapatan keluarga : Kel. Tn.A.G mendapat sumber
pendapatan dari bertani
·
Jumlah penghasilan keluarga/ bulan : Rp.700.000
·
Penggunaan : Untuk biaya hidup dan
biaya sekolah
m. Aktivitas
rekreasi keluarga : Pada malam hari keluarga Tn.A.G berkumpul untuk berbincang – bincang dan
sasmbil menonton tv
2. Riwayat
tahap perkembangan keluarga
a. Tahap
perkembangan keluarga saat ini :
Tahap sekolah
b. Tahap
perkembangan keluarga yang belum tercapai ; -
c. Riwayat
keluarga inti : An.B.G dan An.A.G pernah mengalami diare 2 bulan yang lalu dan
An F.G sering mengalami gatal -gatal
d. Riwayat
keluarga sebelumnya ; -
3. Struktur
Keluarga
a. Pola
komunikasi keluarga : Keluarga
Tn.J.G menggunakan bahasa batak karo dan selalu ada komunikasi antara anggota
keluarga.
b. Struktur
kekuatan keluarga : Keluarga Tn.J.G
selalu besrdiskusi apabila ada masalah dan selalu berupaya untuk menyelesaikan
masalah tersebut.
c. Struktur
peran(Informal dan formal)
·
Peran ayah
Formal
: -
Informal
: Petani
·
Peran ibu
Formal
: -
Informal
: Petani
·
Peran anak
Formal
: -
Informal
: Mahasiswa
d. Nilai
dan norma keluarga
Pada
malamhari Keluarga Tn.Jg selalu berkumpul dan makan bersama sebelum makan
berdoa dan cuci tangan dulu
4. Fungsi
keluarga
a. Fungsi
afektif : Tn.J.G selalu mengajarkan anak
– anaknya untuk saling mengasihi satu sama lain
b. Fungsi
social : Tn.J.G selalu mendidik dan
bergaul dengan sesama anggota keluarganya
c. Fungsi
perawatan kesehatan (5 tugas pokok keluarga) :
·
Keluarga sudah mengenal masalah
·
Keluarga belum mampu memutuskan
·
Keluarga belum mampu merawat
·
Keluarga belum mampu memodifikasi
lingkungan
·
Keluarga mampu menggunakan pelayanan
kesehatan
d. Fungsi
reproduksi
·
Riwayat kehamilan : G3 P3 A0
·
Alat kontrasepsi yang digunakan
:Ny.R.S dulunya menggunakan KB implant tetapi dilepas karna tidak cocok
·
Pemeriksaaan kehamilan ; Melakukan
pemeriksdaan kehamilan secara rutin pada bidan
·
Kondisi ibu : Saat kehamilan kondisi ibu baik
·
Imunisasi TT pada ibu : -
e. Fungsi
ekonomi dalam keluarga
Tn.D.G
selalu berusaha memenuhi segala kebutuhan anak - anaknya
5. Pengkajian
lingkungan
a. Karakteristik
rumah
·
Status kepemilikan rumah : Mlik sementara
·
Tipe rumah : Semipermanen
·
Luas bangunan rumah : 4 x 6 m
·
Komposisi rumah : 2 kamartidur ,4 jendela 1 ruangtamu,1 dapur
·
Denah rumah
·
Sumber penerangan rumah/ perbandingan
sumber penerangan dengan luas bangunan : Sumber penerangan yang digunakan lampu
listrik dan sesuai dengan luas bangunan
·
Ventilasi/ Perbandingan ukuran ventilasi
dengan luas rumah : 10 % dari luas rumah
·
Kebersihan rumah : Rumah Tn D.G tampak kotor dan berantakan
·
Jenis lantai : Semen
·
Hewan peliharaan keluarga / jarak
kandang ternak dengan rumah : Tidak
ada hewan peliharaan
·
Pemanfaatan halam rumah : Halaman rumah
tidak dimanfaatkan dengan baik
b. Sampah
·
Kebiasaan : Keluarga Tn.D.S
membuang sampah secara sembarangan dan berserakan / Open dumping
·
Kondisi :Kondisi
sampah berserakan
c. Limbah
keluarga
·
Kebiasaan :Limbah rumah
tangga dibuang secara terbuka
·
Kondisi :
Kondisi pembuangan sampah tidak memenuhi syarat
·
Sumber air ( Kebutuhan sehari –
hari,minum dan karakteristik air ) :Air
yang digunakan air hujan dan air sungan
·
Jamban keluarga : Tidak memiliki
jamban
·
Fasilitas pelayanan kesehatan keluarga : Bidan
6. Pengkajian
gizi keluarga
a. Pengolahan
bahan makanan : Pengolahan makanan
pada rumah keluarga Tn.D.G tidak bersih dan sehat, bahan makanan tidak dicuci
dengan bersih dan sehat
b. Menu
makanan di dalam keluarga
Waktu
|
Menu makanan
|
||
Hari I
|
Hari II
|
Hari III
|
|
Pagi
|
Nasi + ikan asin
|
Nasi + Ikan Teri
|
Nasi + Ikan asin + sayur daun ubi
|
Siang
|
Nasi + ikan asin
|
Nasi + Ikan ter + daun ubii
|
Nasi + Ikan asin + Sayur daun ubi
|
Sore
|
Nasi +
ikan asin + Sayur asin
|
Nasi + ikan teri
|
Nasi + Ikan asin
|
c. Status
gizi keluarga
Nama
|
Umur
|
Antropometri
|
ASI/PASI
|
Keadaan
|
|||||||
L
|
P
|
TB
|
BB
|
LL
|
LK
|
LD
|
RAMBUT
|
KULIT
|
KONJUNGTIVA
|
||
Tn. D.G
|
32 thn
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Ny. R.S
|
40 thn
|
135 cm
|
55 kg
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Gelombang
|
Sawo matang
|
Tidak anemis
|
|
An.B.G
|
10 thn
|
010 cm
|
28 kg
|
-
|
-
|
-
|
-
|
gelombang
|
sawomatang
|
Tidak anemis
|
|
An.F.G
|
4thn
|
-
|
90 cm
|
25 kg
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Ikal
|
Sawo matang
|
Tidak anemis
|
An.A.G
|
9 bln
|
70 cm
|
19 kg
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Lurus
|
Sawo matang
|
Tidak anemis
|
d. Cara
penyajiaan makanan dalam keluarga :
Cara penyajian makanan cukup yaitu terkadang dibuka dan ditutup
e. Cara
penyajiaan makanan dalam keluarga :
Keluarga Tn.D.G menyimpan makanan di atas meja/ cara penyimpanan makanan kurang
f. Kebiasaan
keluarga mengolah air minum :
Air yang digunkaan adalah air hujan yang dimasak sampai mendidih
7. Pengkajiaan
pola personal hygiene
a. Kebiasaan
mandi dan cuci rambut : Mandi 1x/hari dan cuci rambut 1 x/3 hari
b. Penggunaan
handuk dan sikat gigi dalam keluarga :
Keluarga Tn.D.G menggunakan 2 handuk dan 2 sikat gigi
c. Kebiasaan
keluarga setelah BAB : Setelah BAB
keluarga Tn D.G membersihkan tangan dengan air
d. Kebiasaas
keluarga sebelum makan dan tidur : Sebelum makan Kel.Tn D.G mencuci tangan dan
berdoa dulu
e. Penggunaan
alas kaki : Keluarga Tn.D.G
menggunakan satu alas kaki di depan rumah
f. Frekuensi
mengganti pakaian dalam keluarga :
Menggati pakaian 2x/ 4 hari
8. Riwayat
Keshatan anak
a. Imunisasi
Nama
|
Umur
|
Ditolong
|
Imunisasi
|
Ket
|
||||||||||
L
|
P
|
HB0
|
BCG
|
POLIO
|
DPT/HB
|
CAMPAK
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
||||||||
An.B.G
|
6 ½ thn
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||
An.F.G
|
4 thn
|
-
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
An A.G
|
9 bln
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
9. Stress
dan koping keluarga
a. Stres
jangka pendek/ panjang : Sters
jangka panjang : Keluarga Tn.D.G ingin mempunyai rumah sendiri, Stres jangka
pendek Ny.R.S ingin suaminya dibebaskan dari penjara
b. Kemampuan
keluarga terhadap stress : Keluarga
mampu menghadapi stress jangka panjang dan pendek dengan bekerja keras dan
untuk stress jangka pendek Ny RS mencari
informasi bagaimana jalan keluar agar Tn D.G dapat keluar
c. Strategi
koping yang digunakan : Mencari
informasi pekerjaan yang lebih layak dan berusaha segera menyelesaikan masalah
d. Strategu
adaptasu disfungsional : -
10. Harapan
keluarga terhadap petugas kesehatan : Keluarga Tn D.G berharap agar petugas
kesehatan perlu memperhatikan rakyat kecil
11. Bagaimana
pandangan/ sikap keluarga tentang pengertian tentang hidup sehat Hidup sehat dimana makanan dan lingkungan
rumah bersih dan tidak ada annggota keluarga yang sakit
12. Bagaimana
pandangan/ sikap keluarga untuk mencapai hidup sehat: Menuru Tn.D.G untuk mencapai hidup sehat
sangat susah mencapainya karna perlu uang yang banyak
13. Pemeriksaan
fisik anggota keluarga
Nama
|
Umur
|
TD
|
Temp
|
RR
|
HR
|
Ciri – Ciri
|
Ny.R.S
|
40 thn
|
110/90 mmhg
|
37 ° C
|
20 x/i
|
72 x/i
|
Rambut gelombang
Kulit sawo matang Konjungtiva tidak anemis |
An.B.G
|
10 thn
|
100/70 mmhg
|
36,5 °C
|
20 x/i
|
78 x/i
|
Rambut gelombang
Kulit sawo matang Konjungtiva tidak anemis |
An.F.G
|
4 thn
|
-
|
36,5 °C
|
18 x/i
|
80 x/i
|
Rambut ikal
Kulit sawo matang Konjungtiva tidak anemis |
An.A.G
|
9 bln
|
-
|
36,8 °C
|
21 x/i
|
82 x/i
|
Rambut gelombang
Kulit sawo matang Konjungtiva tidak anemis |
ANALISA
DATA
NO
|
DATA
|
ETIOLOGY
|
PROBLEM
|
1
|
DS:
Ny.R.S mengatakan anaknya ,An.B.G dan An.A.G pernah mengalami diare 2 bulan
yang lalu dan An F.G sering mengalami gatal –gatal
DO:
·
Tn D.G mempunyai 3 orang anak( 1 usia usia
sekolah,2 balita)
·
Pendidikan KK SMP
·
Pengolahan makanan pada rumah keluarga Tn.D.G
tidak bersih dan sehat, bahan makanan tidak dicuci dengan bersih dan sehat
·
Cara penyajian makanan cukup yaitu terkadang
dibuka dan ditutup
·
Keluarga Tn.D.G menyimpan makanan di atas meja/
cara penyimpanan makanan kurang
·
Penghasilan keluarga Rp.500.000
|
Kurang
pengetahuan mengenai pengolahan makanan
|
Resiko
terjadinya penyakit : dorang diare
|
2
|
DS:
-
DO:
·
Rumah Tn D.G tampak kotor dan berantakan
·
Keluarga
Tn.D.S membuang sampah secara sembarangan dan berserakan / Open
dumping
·
Kondisi sampah berserakan
|
Kurang
kesadaran mengenai pengolahan sampah
|
Sanitasi
lingkungan yang buruk:Sampah yang berserakan
|
PERUMASAN MASALAH
1. Resiko
terjadinya penyaki : dorang diare B/d
Kurang pengetahuan mengenai pengolahan makanand/dNy.R.S mengatakan anaknya
,An.B.G dan An.A.G pernah mengalami diare 2 bulan yang lalu dan An F.G sering
mengalami gatal –gatal,Tn D.G mempunyai 3 orang anak( 1 usia usia sekolah,2
balita),Pendidikan KK SMP,Pengolahan makanan pada rumah keluarga Tn.D.G tidak
bersih dan sehat, bahan makanan tidak dicuci dengan bersih dan sehat,Cara
penyajian makanan cukup yaitu terkadang dibuka dan ditutup,Keluarga Tn.D.G
menyimpan makanan di atas meja/ cara penyimpanan makanan kurang ,Penghasilan
keluarga Rp.500.000
2. Sanitasi
lingkungan yang buruk:Sampah yang berserakan b/d Kurang kesadaran mengenai
pengolahan sampah d/dRumah Tn D.G tampak kotor dan berantakan, Keluarga Tn.D.S membuang sampah secara sembarangan dan
berserakan / Open dumping, Kondisi sampah berserakan
PRIORITAS MASALAH
1. Resiko
terjadinya penyaki : diare B/d Kurang
pengetahuan mengenai pengolahan makanan
NO
|
Kriteria
|
Nilai
|
Pembenaran
|
|
1
|
Sifat masalah
|
2/3 x 1 = 2/3
|
Merupakan
ancaman kesehatan
|
|
2
|
Kemungkinan
masalah dapat diubah
|
½ x 2 =
1
|
Masalah hanya
bisa sebagian bisa diatasi karna ekonomi dan pengetahuan KK yang rendah
|
|
3
|
Potensi
masalah untuk dirubah
|
2/3 x 1 = 2/3
|
Terjadinya
penyakit dapat dicegah dengan pengolahan makanan yang sehat
|
|
Menonjolnya
masalah
|
0/2 x 1 = 0
|
Masalah tidak
ada dirasakan keluarga
|
||
TOTAL
|
7/3
|
|||
2. Sanitasi
lingkungan yang buruk:Sampah yang berserakan b/d Kurang kesadaran mengenai
pengolahan sampah
NO
|
Kriteria
|
Nilai
|
Pembenaran
|
|
1
|
Sifat masalah
|
2/3 x 1 = 2/3
|
Merupakan
ancaman kesehatan
|
|
2
|
Kemungkinan
masalah dapat diubah
|
2/2 x 2 = 2
|
Masalah
dapat diatasi dengan mudah karna
tersedia sda dan sdm yang memadai
|
|
3
|
Potensi
masalah untuk diubah
|
2/3 x 1 = 2/3
|
Potensi
masalah untuk di ubah tinggi
|
|
4
|
Menonjolnya
masalah
|
1/3 x 1 = 1/3
|
Masalah tidak
terlalu perlu ditangani dengan segera
|
|
Total
|
11/3
|
|||
Berdasarkan pembobotan diatas, maka
urutan prioritas masalah, yaitu :
1. Resiko
terjadinya penyaki : dorang diare B/d
Kurang pengetahuan mengenai pengolahan makanan
2. Resiko
terjadinya penyaki : diare B/d Kurang
pengetahuan mengenai pengolahan makanan