klasifikasi status gizi anak

http://admax.effectivemeasure.net/emnb_1_857929.gifBerat badan adalah salah satu parameter yang memberikan gambaran massa tubuh yaitu meliputi protein, lemak, air dan mineral pada tulang. Penilaian status gizi pada bayi dan anak, ukuran antropometori ini merupakan indikator yang paling penting dan paling sering digunakan. Definisi antropometri gizi itu sendiri adalah hubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkat umur dan tingkat gizi (Supariasa dkk, 2002). Status gizi menurut Baku Harvard dibedakan menjadi 4 yaitu status gizi lebih, status gizi baik, status gizi kurang dan status gizi buruk.

Status gizi lebih  (kegemukan)
Gizi lebih biasanya bersangkutan dengan kelebihan energi didalam hidangan yang dikonsumsi relatif terhadap kebutuhan (Sediaoetama, 1999), hal ini dipengaruhi oleh perubahan pola makan dan aktifitas fisik (Almatsier, 2001).

Status gizi baik (normal)
Gizi baik adalah kesehatan gizi yang sesuai dengan tingkat konsumsi yang menyebabkan tercapainya kesehatan tersebut. Kondisi ini tubuh terbebas dari penyakit dan mempunyai daya tahan yang baik (Sediaoetama, 1999).

Status gizi kurang (kurus)
Gizi kurang menggambarkan ketidakseimbangan makanan yang dikonsumsi dengan kebutuhan tubuh. Anak-anak yang menderita gizi kurang berpenampilan lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak dengan status gizi baik (Budiyanto, 2001).

Status gizi buruk (sangat kurus)
Gizi buruk adalah keadaan kurang gizi yang disebabkan karena rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan sehari-hari (Din.Kes. RI, 2005). Bila anak penderita gizi buruk tidak segera ditangani, dapat beresiko tinggi dan berakhir dengan kematian (Sihadi, 2005).

Berat badan merupakan parameter antropometri yang sangat labil, komposisi massa tubuh sangat sensitif terhadap perubahan-perubahan yang mendadak, misalnya karena terserang penyakit infeksi, menurunnya nafsu makan atau menurunnya jumlah makanan yang dikonsumsi


 

Link Kesehatan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger