Fistula Vagina, Penyakit Kongenital

Fistula adalah suatu ostium abnormal, berliku-liku antara dua organ berongga internal atau antara organ internal dengan tubuh bagian luar. (Suzanne C.Smeltzer, 2001:1551).Nama dari fistula menandakan kedua area yang berhubungan secara abnormal :
1.      Fistula vesikovaginal : ostium (saluran yang dilewati darah menuju jantung berbentuk lubang) antara kandung kemih dan vagina
2.      Fistula rektovaginal : ostium antara rektum dan vagina

Kebanyakan fistula berawal dari kelenjar dalam di dinding anus atau rektum. Kadang-kadang fistula merupakan akibat dari pengeluaran nanah pada abses anorektal. Fistula terjadi secara congenital (kelainan dalam pertumbuhan struktur bayi yang timbul sejak kehidupan hasiI konsepsi sel telur). Pada orang dewasa, kerusakan biasanya terjadi karena kerusakan jaringan akibat cidera yang didapat selama pembedahan, melahirkan, terapi radiasi, atau proses penyakit seperti karsinoma.

Gejala tergantung pada kekhususan defek. Gejala ini mungkin pasase flatus atau feses dari vagina atau kandung kemih,tergantung pada saluran fistula. Fistula yang tidak teratasi dapat menyebabkan infeksi sistemik disertai gejala yang berhubungan.


Pembedahan tidak selalu dianjurkan karena beberapa fistula sembuh secara spontan. Biasanya  pembedahan pada vagina digunakan untuk fistula vesikovaginal dan uretrovaginal, dan pembedahan pada abdomen untuk fistula yang lebih tinggi dalam abdomen.

 

Link Kesehatan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger