Lafal Sumpah Janji Apoteker

                              <COMP NAME=bentuk>PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA</COMP>
                                                        <COMP NAME=nomor>TAHUN 20 TAHUN 1962</COMP>
                                                                     <COMP NAME=tentang>TENTANG
                                              LAFAL SUMPAH JANJI APOTEKER</COMP>

<COMP NAME=dasar>                                             PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang:
perlu menetapkan lafal sumpah/janji apoteker;

Mengingat :
1.         pasal <REFR DOCNM="uud45" TGPTNM="ps5(2)">5 ayat 2</REFR> Undang-undang Dasar:
2.         pasal <REFR DOCNM="60uu009" TGPTNM="ps10(3)">10 ayat (3)</REFR> Undang-undang No. 9 tahun 1960 tentang Pokok-pokok Kesehatan (Lembaran-Negara tahun 1960 No.131);

Mendengar :
Menteri Pertama , Wakil Menteri Pertama Bidang Kesejahteraan Rakyat, Menteri Kesehatan dan Menteri Kehakiman :</COMP>

<COMP NAME=teks>                                                                   Memutuskan :

Menetapkan :
Peraturan Pemerintah tentang lafal sumpah/janji apoteker.

                                                                        Pasal 1.

(1)        Sebelum seorang Apoteker melakukan jabatannya, maka ia harus mengucapkan sumpah menurut cara agama yang dipeluknya, atau mengucapkan janji, Ucapan sumpah dimulai dengan kata-kata "Demi Allah" bagi mereka yang beragama Islam, dan sumpah untuk agama lain, pemakaian kata-kata "Demi Allah" disesuaikan dengan kebiasaan agama masing-masing.
(2)        Sumpah/janji itu berbunyi sebagai berikut:
            1.         Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan, terutama dalam bidang kesehatan:
            2.         Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan keilmuan saya sebagai apoteker;
            3.         Sekalipun diancam,saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kefarmasian saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum perikemanusiaan;
            4.         Saya akan menjalankan tugas saya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan martabat dan tradisi luhur jabatan kefar masian:
            5.         Dalam menunaikan kewajiban saya, saya akan berihtiar dengan sungguh-sungguh supaya tidak terpengaruh oleh pertimbangan Keagamaan, Kebangsaan, Kesukuan, Politik,Kepartaian atau Kedudukan Sosial:
            6.         Saya ikrarkan sumpah/janji ini dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh keinsyafan.

                                                                        Pasal 2.

            Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada hari diundangkannya.

            Agar supaya setiap orang dapat mengetahunya memerintahkan pengundangan Peraturan Pemerintah ini dengan penempatan dalam Lembaran-Negara Republik Indonesia.</COMP>


                                                                                    <COMP NAME=tanggal>Ditetapkan di Jakarta.
                                                                                    pada tanggal 20 September 1962.</COMP>
                                                                                    <COMP NAME=akhir>Presiden Republik Indonesia.

                                                                                                            SUKARNO.

Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 20 September 1962.
Sekretaris Negara,

MOHD. ICHSAN.</COMP>

                                                          ‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑

<COMP NAME=catatan>                                                                     CATATAN

Kutipan:          LEMBARAN NEGARA TAHUN 1962 YANG TELAH DICETAK ULANG  </COMP>

Sumber:           <COMP NAME=sumber>LN 1962/69  </COMP>
 

Link Kesehatan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger