Phaeophyta- Alga Coklat

Phaeophyta- Alga Coklat

Bentuk tubuh dan talus alga ini seperti tumbuhan tinggi, bersifat multiselular. Hidup di air laut terutama yang dingin, beberapa hidup di air tawar, melekat pada batu-batuan dengan alat pelekat (semacam akar = hold fast). Ganggang ini juga disebut rumput laut yang memiliki gelembung udara sebagai pelampung. Kromotor memiliki butir-butir fokusan sebagai sisa dari hasil metabolisme. Berwarna kecoklatan karena memiliki pigmen yang dominan fikosantin selain klorofil, karoten dan xantofil.alga ini banyak yang mengahsilkan algin (gel) yang dihasilkan dari marga Alaria, Macrocystis dan Laminaria.
Reproduksi vegetatif dengan fragmentasi, Zoospora dan aplanospora tanpa dinding dan Propagula yang merupakan cabang khusus dari talus yang mudah patah, sedangkan reproduksi generatif dengan anisogami, isogami dan oogami.

Pembagian Kelas pada Phaeophyta
Isogeneratae :
Memiliki pergiliran keturunan isomorf yang gametofit dan saprofit yang sama bentuknya, contoh Ektocarpus
Heterogenerata:
Pergiliran heteromorf, saprofit besar dengan bentuk tertentu dan gametofit kecil dengan bentuk filamen. Gametofit dapat dibedakan bila betina oogonium dan menghasilkan sel telur dan jantan membentuk anteredium dan menghasilkan anterezoid.
Bangsa Laminariales
Memiliki Giant Kleps, hidup di kedalaman 10-30m, pada laut yang dingin, menghasilkan sporangium, bila berkumpul menjadi satu disebut sorus, contoh marga lain adalah Macrocystis dan Nerocystis
Cyclospsorae
lnya membentuk alat kelamin yang disebut konseptakel jantan dan konseptakel betina. Di dalam konseptakel jantan terdapat Anteridium dan di dalam konseptakel betina terdapat oogonium yang menghasilkan ovum. Spermatozoid membuahi ovum yang menghasilkan zigot. Kelas Cyclosporeae hanya memiliki satu bangsa yaitu Fucales, contoh marga lain misalnya sargassum yang terapung atau melekat pada bebatuan, memiliki gelembung, perkembangbiakan dengan fragmentasi dan hidup di lautan tropika.
Fucus mnelekat pada bebatuan, memiliki gelembung, berkembangbiak dengan tfragmentasi talus , hidup di semua lautan.

 

Link Kesehatan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger