Defenisi Aplikasi


           Menurut Jogiyanto ( 2005 : 12 ) , aplikasi adalah penggunaan dalam suatu komputer , instruksi ( instructiom ) atau pernyataan ( statement ) yang disusun sedemikian rupa sehingga computer dapat memproses input menjadi output .
           Menurut kamus besar Bahasa Indonesia ( 2005 : 52 ) , “ Aplikasi adalah penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemrograman tertentu “ .
           Dari defenisi di atas dapat disimpulkan bahwa aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna . Aplikasi merupakan rangkaian kegiatan atau perintah untuk dieksekusi oleh komputer .
3.3     Sistem Aplikasi
           Sistem Aplikasi adalah seperangkat bagian – bagian yang saling berhubungan yang penerapannya berasal dari rancangan sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemrograman tertentu untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efesien .
http://aldyputra.net/2011/08/pengertian-sistem-menurut-para-ahli(26 April/2012 )
3.4     Pengertian Pengarsipan
           Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia , arsip adalah simpanan surat – surat penting . Berdasarkan pengertian ini , tidak semua surat dikatakan arsip . Surat dinyatakan sebagai arsip jika memenuhi persyaratan berikut ini :
  1. Surat tersebut harus masih mempunyai kepentingan bagi organisasi / lembaga baik untuk masa kini dan masa yang akan datang .
  2. Surat yang menyimpan kepentingan tersebut disimpan menurut sistem tertentu sehingga memudahkan temu balik bila diperlukan kembali .

http://www.duniaarsip.com/pengertian-arsip-menurut-kamusensiklopedi.html/
3.5   Analisa Sistem
           Menurut Joiyanto.Hm(2005 : 101) , analisa sistem merupakan “ penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian – bagian komponen dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan – permasalah , kesempatan – kesempatan , hambatan – hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan – perbaikannya“ .
Tahapan – tahapan analisa sistem dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :
  • Memahami kerja dari sistem yang ada dan menemukan kelemahan–kelemahan sistem yang lama .
  • Mengidentifikasi masalah – masalah kebutuhan pemakai dalam mempelajari bentuk formulir laporan – laporan yang telah dihasilkan oleh sistem yang sedang berjalan .
  • Mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan oleh pemakai (user) .

3.5.1  Alat Bantu Perancangan Sistem
           Untuk mendapatkan langkah – langkah pengembangan sistem terstruktur maka dibutuhkan alat dan teknik untuk melaksanakannya . Alat – alat yang digunakan dalam suatu perancangan sistem umumnya berupa suatu gambaran atau diagram dalam penelitian adalah sebagai berikut :
a.       Data Flow Diagram ( DFD )
      Data Flow Diagram salah satu tool yang paling penting bagi seorang analisa sistem untuk membuat gambaran sistem secara logika .Penggunaan DFD sebagai modeling tools dipopulerkan oleh Tom de Marco dan Gane & Sarson , dengan menggunakan metode analisa sistem terstruktur ( structured system analysis method ) .
 

Link Kesehatan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger