ROM Pada Pasien Strok Iskemik


LATIHAN RENTANG GERAK (ROM)
PADA PASIEN STROKE DIRUANG RA4 RSUP. HAM MEDAN




OLEH :

SRIDEWI SIREGAR, S.Kep 





PROGRAM PENDIDIKAN NERS
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN, 2009
SATUAN ACARA PENYULUHAN
BED SIDE TEACHING



Topik                          : Latihan ROM pada pasien stroke
Mata kuliah                 : Keperawatan Medikal Bedah 1
Ruangan                      : RA4 (kamar II2)
Waktu Pertemuan       : 30 Menit
Pemberi Penkes           : Arika Suci Hartati. S.Kep
Sasaran                        : Ny. R dan keluarganya

Pokok Bahasan           : Latihan Rentang Gerang Rom pada pasien Stroke iskemik
Sub Pokok Bahasan    : -   Pengertian ROM
-      Manfaat ROM
-      Cara / tehnik melakukan latihan ROM

Tujuan Umum             :
Setelah diberikan pendidikan kesehatan, pasien dan keluarga Ny. R diruang RA4 RSUP HAM kamar II2 yang menderita stroke dapat melakukan latihan ROM mandiri

Tujuan Khusus            :
Setelah diberikan pendidikan kesehatan diharapkan pasien dan keluarga Ny.R mampu :
  • Menjelaskan tentang pengertian ROM
  • Menjelaskan jenis latiahan ROM
  • Menjelaskan tentang manfaat ROM
  • Melakukan cara/ tehnik latihan ROm secara mandiri




Hari/ Tanggal  : Sabtu/ 30Mei 2009
Waktu             : 10.00 Wib S/d selesai
Tempat            : Ruang RA4 (kamar II2) RSUP HAM
Metode            : Ceramah, diskusi/ tanya jawab dan Demonstrasi
Media              : Leaflet, Poster

Kegiatan Penyuluhan

Kegiatan
Penyuluh
Peserta
Media
Waktu
I.Pendahuluan
- Membuka pertemuan dan salam
- Memperkenalkan diri
- Menjelaskan tujuan umum dan tujuan khusus dari pokok bahasan yang akan disampaikan

-    Menjawab salam

-    Mendengarkan
 - Mendengarkan dan memperhatikan
-                                                     

5’
I. Kegitan Inti
- Menjelaskan pengertian ROM

-Menjelaskan Jenis-jenis Latiahan ROM
-Memberi kesempatan pada pasien/ keluarga untuk bertanya
- Menjawab pertanyaan

- Menjelaskan manfaat ROM

-Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara Latihan ROM
- Memberi kesempatan pada pasien/ keluarga untuk bertanya/ mendemonstrasikan latihan ROM
- Menjawab pertanyaan
- Mendengarkan & memperhatikan
- Mendengarkan & memperhatikan
- Bertanya

- Mendengarkan & memperhatikan
- Mendengarkan & memperhatikan
- Mendengarkan & memperhatikan

- Mendengarkan & memperhatikan


- Mendengarkan

Leaflet
Poster
20’
III. Penutup
-       Melakukan evaluasi dengan bertanya kepeda pasien/ keluarga tentang pengertian dan manfaat ROM

-       Memberi reward dan penguatan
-       Menyimpulkan materi yang telah disampaikan
-       Expres feeling


-       Membagikan leaflet
-       Menutup Penyuluhan dan salam
-Menjawab pertanyaan



- Mendengarkan & memperhatikan
- Menyampaikan/ mengungkapkan perasaan


- Menerima Leaflet
- Mendengarkan & membalas salam

Leaflet
5’


KRITERIA EVALUASI
Evaluasi struktur
Harapan pasien mendengarkan penyuluhan, media memadai, tepat sesuai kegiatan
Evaluasi proses
Pelaksanaan sesuai jadwal
Evaluasi hasil
Setelah mengikuti penyuluhan maka pasien dapat menjawab  pertanyaa  yang diajukan yaitu :
  1. dapat menjelaskan pengertian ROM
  2. Dapat menjelaskan jenis-jenis latihan ROM
  3. Dapat menjeladskan manfaat ROM
  4. Dapat mendemonstrasikan latihan ROM

REFERENSI
Brunner & Suddarth. (2002). Keperawatan Medikal Bedah edisi 8 vol 2.  Jakarta : EGC
Lewis, Heitkemper, Dirksen (2000). Medical Surgical Nursing 2 fifth ed. St. Louis : Mosby
Lumbantobing. (2007).  Stroke : Bencana Peredaran Darah di Otak.  Jakarta : Balai Penerbitan FKUI
Sugiharti, B. (2007). Terapi Peregangan Pasca Stroke
 

Link Kesehatan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger