LATIHAN
RENTANG GERAK (ROM)
PADA
PASIEN STROKE DIRUANG RA4 RSUP. HAM MEDAN
OLEH :
SRIDEWI SIREGAR, S.Kep
PROGRAM PENDIDIKAN NERS
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA
UTARA
MEDAN, 2009
SATUAN ACARA PENYULUHAN
BED SIDE TEACHING
Topik :
Latihan ROM pada pasien stroke
Mata kuliah : Keperawatan Medikal Bedah 1
Ruangan :
RA4 (kamar II2)
Waktu Pertemuan : 30 Menit
Pemberi Penkes : Arika Suci Hartati. S.Kep
Sasaran :
Ny. R dan keluarganya
Pokok Bahasan : Latihan Rentang Gerang Rom pada pasien Stroke iskemik
Sub Pokok Bahasan : - Pengertian ROM
- Manfaat ROM
- Cara / tehnik melakukan latihan ROM
Tujuan Umum :
Setelah
diberikan pendidikan kesehatan, pasien dan keluarga Ny. R diruang RA4 RSUP HAM
kamar II2 yang menderita stroke dapat melakukan latihan ROM mandiri
Tujuan Khusus :
Setelah
diberikan pendidikan kesehatan diharapkan pasien dan keluarga Ny.R mampu :
- Menjelaskan tentang pengertian ROM
- Menjelaskan jenis latiahan ROM
- Menjelaskan tentang manfaat ROM
- Melakukan cara/ tehnik latihan ROm secara mandiri
Hari/ Tanggal : Sabtu/ 30Mei 2009
Waktu :
10.00 Wib S/d selesai
Tempat :
Ruang RA4 (kamar II2) RSUP HAM
Metode :
Ceramah, diskusi/ tanya jawab dan Demonstrasi
Media :
Leaflet, Poster
Kegiatan Penyuluhan
Kegiatan
|
Penyuluh
|
Peserta
|
Media
|
Waktu
|
I.Pendahuluan
|
- Membuka
pertemuan dan salam
- Memperkenalkan
diri
-
Menjelaskan tujuan umum dan tujuan khusus dari pokok bahasan yang akan
disampaikan
|
- Menjawab salam
- Mendengarkan
- Mendengarkan dan memperhatikan
-
|
|
5’
|
I. Kegitan Inti
|
- Menjelaskan pengertian ROM
-Menjelaskan Jenis-jenis
Latiahan ROM
-Memberi kesempatan pada pasien/ keluarga untuk
bertanya
- Menjawab pertanyaan
- Menjelaskan manfaat ROM
-Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara Latihan
ROM
- Memberi kesempatan pada pasien/ keluarga untuk
bertanya/ mendemonstrasikan latihan ROM
- Menjawab pertanyaan
|
- Mendengarkan & memperhatikan
- Mendengarkan & memperhatikan
- Bertanya
- Mendengarkan & memperhatikan
- Mendengarkan & memperhatikan
- Mendengarkan & memperhatikan
- Mendengarkan & memperhatikan
- Mendengarkan
|
Leaflet
Poster
|
20’
|
III. Penutup
|
- Melakukan evaluasi dengan bertanya
kepeda pasien/ keluarga tentang pengertian dan manfaat ROM
- Memberi reward dan penguatan
- Menyimpulkan materi yang telah
disampaikan
- Expres feeling
- Membagikan leaflet
- Menutup Penyuluhan dan salam
|
-Menjawab pertanyaan
- Mendengarkan & memperhatikan
- Menyampaikan/ mengungkapkan perasaan
- Menerima Leaflet
- Mendengarkan & membalas salam
|
Leaflet
|
5’
|
KRITERIA EVALUASI
Evaluasi struktur
Harapan pasien mendengarkan penyuluhan, media memadai, tepat sesuai kegiatan
Evaluasi proses
Pelaksanaan
sesuai jadwal
Evaluasi hasil
Setelah mengikuti penyuluhan maka pasien dapat
menjawab pertanyaa yang diajukan yaitu :
- dapat menjelaskan pengertian ROM
- Dapat menjelaskan jenis-jenis latihan ROM
- Dapat menjeladskan manfaat ROM
- Dapat mendemonstrasikan latihan ROM
REFERENSI
Brunner & Suddarth. (2002). Keperawatan
Medikal Bedah edisi 8 vol 2. Jakarta : EGC
Lewis, Heitkemper,
Dirksen (2000). Medical Surgical Nursing
2 fifth ed. St. Louis
: Mosby
Lumbantobing.
(2007). Stroke : Bencana Peredaran Darah di Otak. Jakarta
: Balai Penerbitan FKUI
Sugiharti, B. (2007). Terapi
Peregangan Pasca Stroke