Kurikulum
Pendidikan Farmasi di Amerika Serikat 2002
Sejak 1996
pendidikan profesi Farmasis di Amerika Serikat bergelar Doctor of Pharmacy
(Pharm.D.)
berlangsung selama 6 tahun; terbagi atas 2 tahun prasyarat (Prepharmacy) dan 4
tahun magang (residence) untuk program profesional dan pengalaman kerja. Di samping itu ditawarkan juga program Master
of Science (M.S) dan Philosophical Doctor (Ph.D.) dalam bidang farmasi tertentu,
misalnya M.S. in Pharmaceutical Policy and Evaluative Sciences, yang
dapat dilanjutkan ke Program Ph.D. dalam bidang Pharmacoepidemiology,
atau Ph.D. dalam bidang Pharmacoeconomics and Policy. Contoh Kurikulum Pendidikan ialah sebagai
berikut :
A. General College, School of Pharmacy, University
of North Carolina at Chapel Hill [11]
PREPHARMACY REQUIREMENTS ( min. 60 Semester Hours Credits)
Min. Sem. Hours
|
Notes
|
|
English
Composition
|
6
|
|
Elementary
Statistics
|
3
|
|
Analytical
Geometry and Calculus
|
3
|
|
General
Biology with Laboratory
|
4
|
|
Genearl
Chemistry with Laboratory
|
8
|
All topics traditionally included
in Org.Chem. Courses
|
General College Physics
|
8
|
All topics
incl. in introductory Physics Course.
|
Microbiology
with Laboratory
|
8
|
|
General
Education Courses
|
18
|
Six courses are to be selected :
2 Aesthetic perspective Courses, 2 Historical Perspective, 1 Philosophical, 1
Social Science perspective
|
Foreign
Language
|
6-9
|
|
Physical
Education Activities
|
2
|
Doctor of Pharmacy Curriculum
(Pharm.Doctor) (UNC at Chapel Hill)
Fall
|
Spring
|
First
Professional Year
|
|
Community
Hospital Externship
|
|
Physiology
|
Pharmacology I
|
Biochemistry I
|
Biochemistry
II
|
Basic
Pharmaceutics
|
Basic
Pharmaceutics II
|
Health Care
Systems
|
Pharmaceutical
Care
|
Pharm.Care
Lab.I
|
Pharm.Care Lab
II
|
Second
Professional Year
|
|
Community/Hospital
Externship
|
|
Pharmacology
II
|
Pharmacology
III
|
Pharmacotherapy
I
|
Pharmacotherapy
II
|
Literature
Analysis
|
Pharmacotherapy
III
|
ANS Med. Chem.
|
Pharmacotherapy
IV
|
Pharmacokinetics
|
Applied
Pharmacokinetics
|
Professional
Elective
|
Professional
Elective
|
Pharm.Care
Lab. III
|
Pharm.Care
Lab. IV
|
Third
Professional Year
|
|
Pharmacy
Law & Ethics
|
Pharmacy
Operations
|
Pharmacotherapy
V
|
Physival
Assessment
|
Pharmacotherapy
VI
|
Professional
Elective
|
Immunology
|
Professional
Elective
|
Nonprescription
Drugs
|
Prob.in
Pharmacotherapy
|
Professional
Elective
|
Seminar
|
Seminar
|
|
Fourth
Professional Year
|
|
Clerkships
|
Clerkships
|
B. University of Minnesota [10]
Program
Doktor Farmasi (Pharmaceutical Doctor Program) mempersiapkan mahasiswanya untuk
mengidentifikasi, mengambil keputusan dan mencegah permasalahan yang berkaitan
dengan obat. Mahasiswa belajar untuk menguasai
perawatan pasien dalam hal menghasilkan terapi obat yang positif, yang
dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Program ini tidak lagi
mempersyaratkan gelar “bachelor”, namun terdapat sejumlah mata kuliah yang
harus dilulusi sebelum memasuki program ini yang dinamakan “pre-pharmacy
requirements” . Program profesi Pharm.Doctor 4 tahun ini merupakan pendidikan didaktik dan praktek, dan
merupakan satu-satunya gelar yang resmi untuk memperoleh izin praktek
kefarmasian di Amerika Serikat.
Lulusan
program ini dipersiapkan untuk memasuki praktek kefarmasian, program pelatihan
profesi lanjut, atau untuk pendidikan lanjut pasca sarjana (graduate
education), dan penelitian. Program ini meliputi ilmu-ilmu kimia, biologi,
fisika, sosial, dan klinis yang mendasari ilmu farmasi. Proses perawatan pasien
secara umum digunakan untuk mengajarkan mahasiswa bagaimana caranya memenuhi
kebutuhan akan obat pada tingkat spesifik-pasien. Mahasiswa mengembangkan
keterampilan dalam pemecahan masalah, komunikasi, dan berpikir analitis.
Program ini menekankan pada etika profesional, tanggungjawab sosial,
kewarganegaraan profesional, dan komitmen pada pendidikan seumur hidup.
Selama tiga tahun pertama kurikulum profesi
diberikan komponen dasar pendidikan farmasi yang diperlukan untuk berpraktek
pada berbagai lingkungan kerja. Mulai tahun kedua, mahasiswa sudah dapat
memilih jurusan yang diinginkannya, dengan cara mengambil mata kuliah dalam
salah satu dari 4 bidang konsentrasi (penekanan), yaitu (a) farmakoterapi umum,
(b) perawatan komunitas dan rawat jalan, (c) manajemen, dan (d) penelitian.
Kebanyakan mata kuliah bidang konsentrasi diambil pada tahun terakhir.
Bidang
Konsentrasi :
- Farmakoterapi Umum, mempersiapkan farmasis untuk kegiatan perawatan pasien pada berbagai lingkungan kerja. Mata kuliah yang wajib meliputi farmakokinetika dan terapi obat bukan-resep. Mata kuliah pilihan meliputi komunikasi, proses pengembangan obat baru, manajemen, dan farmakoterapi bagi usia lanjut.
- Perawatan komunitas dan rawat-jalan, mempersiapkan mahasiswa untuk praktek pada farmasi komunitas (Apotik), dan lingkungan pasien yang tidak dirawat di rumah sakit. Mata kuliah wajib meliputi manajemen farmasi komunitas, terapi obat bukan-resep, dan praktek perawatan-jalan.
- Manajemen, mempersiapkan farmasis untuk pekerjaan dalam pengelolaan pelayanan farmasi dan keuntungan terapi obat. Mata kuliah wajib meliputi manajemen komunitas atau institusional, review dan manajemen penggunaan obat, dan ekonomi farmasi dan kebijakan publik. Mata kuliah pilihan meliputi hukum perdagangan, pemasaran, ekonomi kesehatan, manajemen personalia, dan perilaku organisasi.
- Penelitian, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berpartisipasi dalam penelitian, dan mempersiapkan mereka untuk pendidikan pasca sarjana.
Dengan
melihat beberapa contoh program pendidikan dan kurikulum di luar negeri,
mahasiswa dapat membandingkannya dengan kurikulum pendidikan di Indonesia.
Tidak tertutup kemungkinan adanya mahasiswa yang akan melanjutkan studinya di
luar negeri, sehingga pengetahuan dasar ini dapat membantu dalam menentukan
pilihannya.
DAFTAR PUSTAKA
- American Pharmaceutical Association, The National Professional Society of Pharmacicts, “The Final Report of the Task Force on Pharmacy education, Washington DC.
- College Handbook (Nov.1992), MONASH University, The Office of University Development for the Victorian College of Pharmacy, Melbourne, Victoria.
- Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Farmasi Negeri se Indonesia, Hasil Rapat Tahunan (1992).
- Gennaro, A.R. [Ed.] (1990) “ Remington’s Pharmaceutical Sciences”, Mack Publishing Co, Easton, Pennsylvania.
- Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia, Keputusan Kongres Nasional XIII, N0.XIII/Kongres XIII/ISFI/1989 tentang Standar Profesi Apoteker dalam Pengabdian Profesi di Apotik.
- Ketut Patra dkk. (1988) “ 60 Tahun Dr. Midian Sirait, Pilar-Pilar Penopang Pembangunan di Bidang Obat”, Penerbit P.T.Priastu, Jakarta.
- Smith, A.K. (1980) “ Principles and Methods of Pharmacy Management”, Second Edition, Lea Febiger, Philadelphia.
- Suryasumantri, Y.S (1985) “ Filsafat Ilmu, Suatu Pengantar Populer”, Penerbit Sinar Harapan, Jakarta.
- Wattimena, J.R. dkk. (1986) makalah dalam Ekspose Perkembangan Ilmu Kesehatan oleh IDI/ISFI, Jakarta.
- University of Minnesota , (2001) “College of Pharmacy Catalog”, the Regents of the University of Minnesota, Catalog On Line.
- University of North Carolina at Chapel Hill, (2002) “ School of Pharmacy”, Catalog on Line.